Jumat, 26 Agustus 2016

ODE POHON PETE


Jalan semakin panjang di tengah malam ketika pulang sang pejalan malam memang selalu saja pulang telat dari jadwal angkutan umum jadinya berjalanan menyelusuri tepi trotoar hingga ketemu anggkutan malam hari yang semakin jarang. Naik angkutan malam dengan ongkos dua kali lipat dengan suasana penuh curiga dengan penumpang kiri-kanan dan depen-belakang hmm.. sangat menegangkan penuh kewaspadaan.

Selalu saja malam membuat jalanan menuju rumah terasa semakin panjang. Tak begitu gelap untuk melewati jalan untuk pulang, melewati tempat tongkrongan yang nampak sepi tak seperti dulu semuanya telah berubah dimakan tuntutan hidup dan situasi semakin tak ramah untuk mereka para anak malam yang selalu saja dicibir orang tapi selalu saja dirindukan karena malam terlalu sepi tanpa kehadiran mereka di sudut bangunan dan pinggir jalan.

Sampai di sebuah mulut jalanan yang semakin sempit dan tata letak rumah nampak ada yang baru dengan penghuni lama yang pindah ke pinggir kota karena keadaaan ekonomi tak perpihak kepada mereka. Dan yang tak berubah adalah pohon pete yang tinggal tumbuh sendiri di tinggal mati oleh pohon asem di tetangga samping rumah karena tanah itu telah dibeli bersama rumah yang dulunya pemilik tanah sebagian kampung ini. Pohon pete tinggi dan rimbun dengan latar rumah tua nampak selalu kosong memang rumah itu kosong tak pernah di tempati sejak di bangun karena yang mempunyai adalah tuan tanah dan sudah beberapa kali pindah tangan tapi masih saja pohon pete dan rumah tua yang bobrok itu tetap saja berdiri menyambut para pejalan. Bagi yang bernyali kecil mungkin terlihat angker tapi karena suadah dari kecil jadi tak begitu menciutkan nyali mungkin para roh yang berdiam disana sudah kenal akrab satu kampung jangan saling mengganggu. Banyak cerita yang hanya pepesan kosong belaka kalau rumah dan pohon pete ada penunggunya hahaha masih saja di jaman yang terlalu canggih ini masih saja takut dengan mahluk goib pada hal kita juga seperti mahluk goib lewat dunia maya apa lagi yang eksis dengan sosmed hahaha kenalnya lewat chating dan foto tapi belum ketemu langsung ..eh di pasang avatar yang menarik jadinya lebih asyik ngobrol walau nggak tau siapa di ujung sana yang di ajak ngobrol hihihi. Sudahlah hari sudah pagi saatnya beristirahat dan masuk ke dalam dunia maya sebentar liat ada apa gerangan disana.

Edwanov Maret 2015

Dimuat komazine no.18 LIRIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar