Senin, 23 Februari 2009

Skinhead Historis

Skinhead historis

Kepala plontos ,bersepatu boot’s besar memakai jaket penerbang ya itulah sebuah kaum yaitu skinhead adalah sebuah pandangan hidup tetapi orang melihat sebagai fasion belaka “banyak orang sekarang mengenakan pakaian bersih dan rapi yang tidak dapat kami miliki saat kecil. Namun pakaian2 itu tidaklah yag menjadikan mereka lelaki yang sejati yang menjadikan mereka lelaki sejati adalah gagasan dan perasaan.”’ Pakaian tidak lah yang menciptakan skinhead tetapi tak akan pernah bisa menciptakanya.

Skinhead adalah sebuah pandangan hidup untuk seseorang yang mengklaim dirinya sebagai skinhead.adalah sebuah pengklaiman yang sederhan untuk bertujuan bergabung pada kelas pekerja,kelas pekerja yang tidak berdasarkan sebuah suku,agama,ras,dan warna kulit.

Di era mod 50-60-an Mods adalah sekelompok kelas pekerja yang bergaya (inggris) yang suka akan mendengarkan musik yang termodernkan reagge-ska-soul. Mods digambarkan sebagai kelas pekerja kulit putih yang bergaya dan kelas pekerja mengendarai skuter (vespa/lambreta).pada saat yang sama Rude Boys di Jamaika mengalami perubahan. rude boys adalah gangter muda dari tipe Jamaika memakai jas,mendengarkan reagge-ska yang teracuni untuk kebiasaan yang anti omong kosong dan merangkul setiap orang pada jalan mereka.Pertama-tama reagge sangat sukar masuk ke daratan inggris dan akhir pada 60-an banyak para pemusik reagge pindah kedaratan Inggris dan menggambil keuntungan pasar antar kelas pekerja putih dan menjadi sangat popular terutama pada kaum Mods.

Lahirnya kaum skinhead

Dengan adanya terbosan baru di inggris,kulit hitam dan kulit putih bersatu.para kaum kulit putih mengkopi dandana para rudeboy dan mengikuti kebiasaa para rude boy dan berlahan –lahan meninggalkan identitas sebagai Mod.
Sebuah sub (pengerlompokan baru dalam sub-kultur pop)dalam kelompok maupun individu yan bangkit dari masyarakat kelas pekerja dan lebih tajam dari pada Mod inilah pertama tama skinhead.dengan rambut cepak lebih tipis dari Mod ,semangat bola,reagge dan harga diri sebuah kelas pekerja ,skinhead menjadi sebuah rein karnasi yang sempurna diantara mods dan rudeboy dan berdiri tegar pada pendirian tentang persatuan ras dan Kebanggaan Terhadap Kelas Mereka Sendiri Yaitu PEKERJA.

Kultus skinhead dengan gaya,hasrat,kekuatan sikap membangkang,dan agresi nya,agaknya menjadi perayaan yang sempurna untuk mengguatkan kebanggaan kelas pekerja .anak2 skinhead bekerja keras dan bermain keras pula .mereka itu pintar,bersih,dan rapi.menjadi skinhead dimana kau sadar akan kelasmu yaitu perayaan pekerja yang berdiri secara bersama sama kawan kelas pekerja,tentang menjadi seorang di dunia tanpa siapa pun.itulah sebuah kultus kaum skinhead diamna sanagat kuat dan begitu brmakna bagi mereka yang hidup didalamnya sehingga kultus itu masih hidup hingga kini. adalah 1970-an Setelah kelahiran skin head yang merupakan puncak dari 69.reagge mulai melemah bahkan nyarus mati ,disaat yang sama ada beberapa individu yang telah hilang akar dan semangat persatuan yang pada akhirnya hal ini dipergunakan oleh front nasional inggris dengan mengklaim bahwa kebanggaan skinhead sebagai kebanggaan kaum kulit putih.punk rock menjadi eksis pada saat yang sama,beberapa musik punk rock adalah musik jalanan yang alami dan popular diantara punk dan skin,dan semakin langkanya pakaian tradisional skinhead di pasar karena suadah tidak diproduksi lagi.
Pada akhirnya terjadi pembauran di antara skinhead dengan kebanggaan kelas pekerjanya dengan punk semangat anti terhadap yang mapan dan tanpa kelas ini (equalities).street punk akhirnya dilabelkan Oi! Oleh Garry Busshell.dengan Oi!, The EXPLOITED menggunakan tuk memotifasi apa yang mereka punya dan pada saat yang sama kelompok fasis (bonehad)seperti N F dan BRITISH MOVMENT mulai menghantui budaya skinhead dan mencabik cabik jadi beberapa bagian.
Dengan beberapa toleransi di tahun 80-an untuk bonehead,bangkitlah sebuah kelompok S.H.A.R.P (Skinhead Again Racial Prejudice) olh Roddy Moreno dari sebuah band 0i! The Oppesed dengan pergerakan yang lebih militant , menghancurkan para bonehead dan menjaga akr teradisi kultur skinhead dengan hasrat baru seperti Oi!, Hard Core (banyak di mulai di AS).

REDSKIN: SKINHEAD yang berpolitik kiri
SHARP: KEL SKINHEAD PENETANG FASIS
Rash (red anarko skinhead) anarko skin
National front; partai terlarang di inggris mengungulkan ras kulit putih/di dukung para bonehead.

Uu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar