Jumat, 27 Februari 2009

Z o m b i e









Pada hakekatnya manusia adalah mahluk sosial (berkawan),mahluk yang hidup mebutuhkan orang lain dan saling membantu dalam kehidupan ini. Di jaman revolusi teknologi komunikasi membuat manusia menjadi zombie yang asik akan dunianya sendiri dengan i-pod, hp, laptop dan alat Bantu komunikasi yang lainya. Manusia berkomunikasi dengan menggunakan media dan menimbulkan banyak distorsi dalam berkomunikasi karena dengan menggunakan media komunikasi menjadi sesuatu hal yang banyak meninbulkan miss komunikasi itu sendiri misalnya dengan melalui tulisan atau lisan akan banyak menimbulkan salah persepsi sehingga pesan yang disampaikan tidak mengenai sasaran karena pada hakikatnya komunikasi ada karena persamaan persepsi.
Berkomunikasi dengan menggunakan media dampaknya ; manusia menjadi individual (tidak ada hubungan yang emosional). Positif terhadap lingkungan dan orang-orang sekitar (waspada bukannya berhati-hati).

Pada awalnya manusia hidup didunia ini secara komunal untuk dapat bertahan hidup di alam yang ganas ini manusi. Karena danya proses interaksi ini manusi banyak menghasilakan produk yaitu budaya,bahasa dan ilmu pengetahuan untuk bertahan hidup dan melanjutkan keturunan dan mewariakan suatu budaya,bahasa,norma-norma,filsafat serta ideologi.
Berkomunikasi adalah kebutuhan primer baik verbal maupun non-verbal,selai makan dan minum.makan atau bekerja akan terasa nikmat bila dilakukan secara bersama-sama dan ada sensasi-sensai didalam hati dan jiwa kita menjadi sehat walupun tipe orang itu introvert (tertutup).

Zaman telah berganti rupa ,di dalam kehidupan kini manusia tak lagi memerlukan manusia lainya dalam kehidupan karena mereka sudah tergantikan oeh media,dijalan kebanyakan mereka terlalu asik dengan dunianya sendiri tak peduli dengan yang terjadi disekitarnya seperti zombie mereka melihat dunia in tanpa emosi datar-datar saja bro..! tidak menularkan emosi-emosi positif. Emosional dalam berkomunikasi lebih efektif dalam menyampaikan pesan kepada orang lain seperti ekspresi muka kita saat mendengar suatu pesan atau menyampaikan .

Apa benar teknologi komunikasi membunuh rasa kemanusiaan dalam manusia sehingga menjadi mahluk yang tanpa simpaty terhadap manusia lainya,yang selalu asik dengan internetnya,program acara televisi dan hp-nya. Apa benar komunikasi dengan media akan efektif sedangkan kita juga butuh komunikasi langsung tatap muka (komunikasi antar pribai ,maupun kelompok yang tanpa ada bantu media) itulah yang efekti contohnya sms-an atau telpon kita akan meminta untuk bertemu langsung karena bertelpon berjam-jam ada sesuatu yang hilang ekspresi saat kita beriteraksi,emosi,aura,sentuhan,bau,gesture walau pun teknologi sudah maju sekarang ini karena teknologi diciptakan sebagai alat bantu manusia bukanya sebagai pengganti manusia itu sendiri. Apa mungkin kita bisa hidup tanpa ada manusia lainnya ,memang sikap dan prilaku di bentuk oleh lingkunganya yaitu sistem kapitalisme yang membuat orang untuk mengejar nafsu dan sebuah kebutuhan yang tidak pernah dibutuhkannya hanya sebagai prestise semata dan manusia –manusia itu berUBAH layaknya ZOMBIE tanpa emosi dan kejam menghisap tenaga dan pikiran serta emosi kita.

[ EDWANOV ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar