Selasa, 15 September 2009

“ mens sana in corpore sano”

“ mens sana in corpore sano”
( Baca : Di dalamTubuh Yang Sehat Belum Tentu Terdapat Jiwa Yang Sehat Juga )


SMS merah ini beredar beberapa bulan yang lalu pas berbarengan dengan kenaikan harga BBM . Masyarakat dalam menanggapi isu2 ini, kebanyakan pada percaya kalau menerima sms merah akan matii Busyet kalah nich Tuhan. Katanya percaya adanya TUHAN tapi masih takut ini adalah sebuah Isu yang menyestkan dalam kehidupan ini. Promosi lewat hal2 yang irasional kebanyakan masyarakat kita masih mempercayainya. AXIS sebuah profider GSM yang berpromosi tanpa etika yang membuat masyarakat ini resah. Ada juga beberapa tahun yang lalu hantu cekik, kolor ijo yang kebetulan pas mau menjelang pemilu 2004 yang pilih maling itu loh atau juga kesurupan masal di beberapa daerah di Indonesia gila udah kaya kawin aja. Tentu saja fenomena mengenai sesuatu yang masal yang di sebar luaskan lewat televisi melalui program2 acaranya yang menghipnotis permirsanya baik dalam keadaan sadar maupun tidak sadar dalam jangka waktu tertentu dan intensitas yang rutin. Membuat alam bawah sadar kiat terpengaruhi inilah dampak media massa yang negative dalam kehidupan kita.

Menurut dari sudut pandang psikologi kesurupan itu adalah keadaan jiwa manusia yang belum menjadi dewasa walau pun kesurupan itu di alami oleh orang2 yang telah dewasa tetapi mereka masih terjebak kedalam tubuh dewasa ya kalau di bilang usia boleh tua tapi tingkah lakunya menyerupai anak2. Dalam kehidupan di dalam kapitaisme global kebutuhan hidup yang semakn banyak dan sulit untuk terpenuhi sehingga tekanan itu memicu ketegangan syaraf menuju ke otak,kecemasan hidup yang hemat dalam tekanan2 keinginan yang tidak terpenuhi / represifitas keinginan dalam hidup ini pas lagi keluar ada billboard ..huaah enak banget nic panas2 gini minum coca-cola, pas lagi nonton tv hi cantik banget sic kalau pake sabun lux’s. Represi yang sedemikian kuatnya masuk kealam bawah sadar dan tanpa filter yang kuat terlampiaskan lewat prilaku kesurupan ini . Kesurupan adlah sebuah kepribadian yang ganda dan peranan media massa kitamenyebarkan sebuah image, hal2 yang irasionalitas. Menurut Sartono Mukadis anak yang bandel / pemberontak jarang sekali mengalami kesurupan. Karena di dalam jiwa anak tersebut telah terbentuk suatu keyakinan terlepas dari itu benar atau salah .

Kenapa massal dan di alami oleh perempuan .karena perempuan dalam masyarakat kita ini menganut sistem patriarki, yang selalu membuat ketidak setearaan dalam gender dalam peranan di kehidupan sehari-hari. Banyak dialami oleh perempuan karena mereka mempunyai kharakter suatu permasalahan yang sama karena di ruang lingkup budaya yang sama juga.

-edwanov 

Jadi apa benar di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat juga..
“ mens sana in corpore sano”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar