Selasa, 15 September 2009

Ragam : Empat langkah menguasai materi ujian

Empat langkah menguasai materi ujian

Siapapun orangnya pasti pernah merasakan stess atau
tekanan menjelang ujian.disadari atau tidak,sesiap atau
pun tidak kita memprsiapkan ujian ,ada hal saja yang mem
buat kita gugup.

Rasa gugup sering kali timbul menjelang ujian lantaran mental yang kurang siap .Namun tidak tertutup kemungkinan adanya factor lain seperti guru atau dosen terlewat ‘galak’,mata kuliah prasyarat yang membebani mental atau juga kondisi lingkungan yang tidak mendukung.Untuk masalah seperti ini solusinya terletak pada diri kita sendiri,yaitu bagaiman kita mengontrol diri dan menghadapi situasi.Namun yang pasti,semua masalah pasti ada jalan keluarnya.
Jika tekanan timbul lantaran kurang menguasai materi ujian,tak ada jalan lagi selain membiasakan dir untuk mencicil untuk semua materi mata kuliah yang selam ini diajarkan di kelas.Kebiasan SKS (sistem kebut semalam) tidak akan membantu anda untuk menguasai materi perkuliahan .
Berikut ini ada beberapa tip’s yang dapat dilakukan dalam mencicil materi perkuliahan.Aplikasinya tergaantung dari kebiasan dan cara yang lo suka aj sebab kalo suka ya pasti enak aja :.....................:
Menyimak semua perkataan dosen yang menerangkan didepan kelas.Dengan begitu anda telah menyerap 50% dari pelajaran yang telah diberikan.Bila perlu rekam perkataan dosen yang penting2 aja ngak ngawur baker aja di otak lo !!
Saat kembali kerumah ,ulangi kembali dengan membaca seluruh materi yang telah diberikan pada hari itu ,maka pemahaman anda bertambah 25%.Sehingga pemahaman anda yang terserap sekitar 75%.
Pada saat menjelang ujian,baca kembali materi tersebut untuk menyempurnakan sisa materi yang belum terserap dengan baik,dengan demikian anda telah menyerap sebagian besar materi yang telah diberikan.
Mendengarkan semua rekaman atau pun juga catatan kaki yang anda buat perkataan dosen pada waktu menerangkan pada waktu senggang ya corat-corat aja cattatan lo dengan kata2 lo biar ke rekan dan dimengerti lewat gaya lo aja.
Dengan cara mencicil inilah, niscaya akan memudahkan anda menguasai materi ketika ujian tiba.Jika materi ujian sudah
ada dikepala ,maka secara mental anda siap menghadapi ujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar