Sabtu, 21 Desember 2013

Lebih Baik Disini (RUMAH DI JL.KIMIA )



 
pagi kimia!! bemo

Malam meninggi sehabis senja dalam sekapan kemacetan Jakata orang-orang berebut untuk kembali pulang melepas lelah ,keluh kesah untuk bertahan hidup diman gajih buruh tak sesuai dengan biaya hidup dan sekolah mahal dan kualitas tegantung harga katanya kalau mahal nggak bohoong dech. Hari ini, malam itu begitu cepat dan mobil kendaraan umum pun semakin jarang dan langka karena sewanya sekarang sudah menemulkan solusi untuk memkai kendaraan pribadi motor atau mobil karnedi permudahnya fasilitas kredit, ahh konspirasi pengusaha otomotif dengan penguasa yang tak mempedulikan angkutan masal yang murah bagi masyarakat. Dan masyarakatt sendiri telah di persepsikan bahwa motor adalah segalanya ,konsumtif adalah solusi tetap tapi untuk memberi nafas segar kepada kapitalisme untuk hidup mereka menjadi lebih panjang lagi . 

Lebih baik disini rumah kita sendiri, walau pun sepanjang depan Jl.Kimia , Menteng  Jakarta-Pusat pinggiran kali sedang terjadi pebaikan drainase , kali ciliwung warga yang sebgaian pedagang dan supir bemo tetap tinggal dan membuka daganganya di seberang kali di pinggir trotoar. Walau pun tak senyaman dulu tapi Kimia adalah tetap menjadi rumah kami, tertidur disana di bemo merupakan sebuah kemewahan dari sengatan udara malam yang menusuk sampai ketulang. Apa lagi ada bemo yang rusak itu lebih bemanfaat walau pun rusak tapi membuat kami bisa tertidur lebih lama, bangun agak lebih siang karena bemo yang sehat akan berangkat pagi menjemput para penggemarnya yang masih setia tetap sampai sekarang.

Selamat pagi kimia , malam ini nyamuk menemani dengan setia di dalam tidur, pulas di dalam kehangatan bemo. Sedikit goyang bila truk-truk besar lewat karena sepanjang Jl.Kimia banyak sekali proyek. Dulu dan sekarang jalan ini sepi sekarang telah terlalu ramai , bising kotor berdebu. Yeah kimia pagi ini memberi senyum yang khasnya diman para penyapu jalanan , pedagan kaki lima, supir bemo siap-siap menyambut pagi dengan semangat yang tak pernah padam walau pun sekarang tak ada gubuk yang bisa membuat istirahat mereka nyaman. 

Edwanov Mei 2013 |komazine #13 | pagi kimia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar